RSS

Pengentar dan Pengetahuan Program KB

 

Pengertian KB

Program Keluarga Berencana merupakan suatu upaya pengaturam kelahiran dalam rangka mewujudkan hak-hak pasangan untuk menentukan kapan akan kelahiran, berapa jumlah anak, jarak anak yang dilahirkan, dan memilih upaya mewujudkan hak-hak tersebut.

Sasaran KB

Sasaran dari program KB adalah sebagai berikut :
  1. Keluarga pasangan usia subur
  2. Calon pengantin
  3. Masyarakat umum.

Tujuan KB

Tujuan diadakannya program KB adalah mewujudkan keluarga berkualitas yang sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan kedepan, bertanggung jawab, harmonis, dan bertqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Manfaat Program KB

A. Manfaat Program KB Bagi wanita (ibu)

Dengan menjadi peserta KB, wanita akan terlindungi dari kemungkinan kehamilan yang tidak diinginkan, sehingga mereka dapat selamat dari kesakitan dan kematian akibat kehamilan dan persalinan. Selain itu ibu mempunyai kesempatan untuk memperhatikan dirinya sendiri dan dapat lebih berkesempatan untuk menikmati kehidupan sebagai suami istri (seksual)

B. Manfaat Program KB Bagi anak

Dengan menjadi peserta KB, orang tua mampunyai kesempatan untuk memberi jarak kelahiran antara satu anak dengan anak yang lain sehingga anak mendapat perhatian, perawatan, dan kasih sayang yang cukup dari orang tuanya. Dengan demikian mereka dapat hidup, tumbuh dan berkembang secara optimal.

C. Manfaat Program KB  Bagi pria

Dengan menjadi peserta KB, bapak mempunyai waktu yang cukup untuk memberikan perhatian kepada seluruh anggota keluarganya. Selain itu bapak berkesempatan untuk menikamati kehidupan suami istri (seksual) dan tidak merasa khawatir akan terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

D. Manfaat Program KB Bagi keluarga

Dengan jumlah anak yang lebih sedikit, keluarga mempunyai peluang untuk menjadi lebih sejahtera karena setiap anggota keluarga memperoleh kesempatan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik fisik maupun mental.

E. Manfaat Program KB Bagi Negara

Keluarga Berencana juga membantu negara untuk berkembang. Kenyataan menunjukan bahwa ekonomi Negara yang wanitanya mempunyai anak lebih sedikit umumnya akan berkembang lebih baik dari pada yang lain.

Alur Pelayanan Keluarga Berencana

Klinik KB terdapat di Rumah Sakit, Pukesmas, Dokter, Rumah Bersalin, dll.
Pertama, calon akseptor KB mendatangi kader KB atau PLKB setempat. Kemudian melakukan konseling atau konsultasi dengan pelayan, Maka calon peserta KB akan mengetahui cara ber-KB dan mendapatkan informasi lebih tentang tata cara ber-KB. Setelah itu mengisi persetujuan untuk mengikuti program KB. Setelah itu akan dilaksanakan Screening ( pemeriksaan awal) dalam tahapan ini, peserta KB akan diperiksa untuk menguji kelayakan peserta KB untuk mengikuti program KB.
Kemudian peserta KB akan melalui tahap Tindakan, dalam tahap ini peserta KB akan diberikan tindakan dengan dasar persetujuan sebelumnya. Jika peserta sudah melalui tahapan ini, maka peserta dinyatakan sebagai anggota program KB.
Setelah itu peserta akan mendapatkan Kartu anggota KB. Dan pada akhirnya, setiap bulan akan mendapat kunjungan dari PLKB setempat untuk proses selanjutnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar