RSS

Kependudukan (Masalah dan Solusi)

Kependudukan (Masalah dan Solusi)


Negara Indonesia yang memiliki semua sumber daya alam maupun sumber daya manusia sepertinya belum muncul ke permukaan 100%, masih banyak yang belum tergali, sehingga Negara Indonesia terkesan lambat dalam proses pembangunannya.

Dengan jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya, Negara Indonesia belum mampu menyejahterakan semua penduduknya. Berbagai dampak atas banyaknya penduduk yang belum sejahtera akan mengakibatkan berbagai persoalan yang berhubungan dengan kependudukan.
Masalah yang sering dialami adalah dalam sektor ekonomi. Betapa banyak lapangan pekerjaan yang tersedia, tetapi belum mampu menampung penduduk yang jumlahnya sangat banyak. Pengangguran terjadi dimana-mana, akibatnya tingkat kesejahteraan penduduk menurun. Selain itu, akan mengakibatkan kemiskinan yang seharusnya dapat diatasi dengan berbagai cara, namun pada kenyataannya hal tersebut selalu gagal. Kelaparan tersebar sepanjang Negeri, anak putus sekolah ada setiap desa, dan pembangunan pasti akan terhambat.

Penambahan lapangan kerja tanpa diikuti oleh penciptaan lapangan kerja yang baru, maka akan sia-sia. Lebih baik menciptakan lapangan kerja baru dari pada penambahan lapangan kerja yang malah justru akan mengakibatkan persaingan. Penciptaan lapangan kerja didasarkan dengan kreatifitas dan kualitas yang akan dihasilkan, sehingga masalah pengangguran dapat teratasi, tetapi harus memperhatikan jangka waktu, apakan penciptaan lapangan kerja akan bertahan sampai lama atau akan kandas ditengah jalan. Adakalanya setiap waktu harus adanya kontrol yang rutin, jadi apabila ada kesalahan tentang penciptaan suatu lapangan pekerjaan  maka akan bisa ditanggulangi.

Peningkatan kesadaran dan pendidikan kependudukan juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi masalah kependudukan, dengan adanya kesadaran dan pemahaman akan pentingnya pendidikan kependudukan, maka masyarakat akan menjadi sadar, dan akan memperbaiki kehidupannya dimasa yang akan datang.

Mengurangi kepadatan penduduk dengan program intensif yang dilakukan oleh pemerintah yang bekerjasama dengan lembaga akan mengakibatkan terkendalinya suatu laju pertumbuhan penduduk, sehingga diharapkan tidak adanya ledakan penduduk. Adapun program yang harus dijalankan adalah Keluarga Berencana dan transmigrasi, dengan adanya KB maka kelahiran maupun kehamilan akan direncanakan dan memperoleh hasil yang sudah direncanakan. Sedangkan program transmigrasi akan sangat bermanfaat untuk menjadikan tingkat kependudukan yang rata pada setiap wilayah, tidak terjadi ledakan penduduk di suatu wilayah, melainkan setiap wilayah mempunyai kadar yang sama dalam hal kependudukan.
Selain solusi di atas, masih ada satu solusi lagi yang akan menjadikan Negara Indonesia menjadi lebih sejahtera, yakni Meningkatkan produksi dan pencarian sumber makanan. Ini sangat penting bagi kelangsungan kehidupan suatu Negara.

Masalah selanjutnya adalah banyaknya anak putus sekolah di Indonesia. Pertumbunah penduduk yang terus meningkat di Indonesia mengakibatkan menahan lajunya tingkat pendidikan. Pastinya akan banyak anak anak Indonesia, masa depan Indonesia yang harus hilang sia – sia begitu saja..!!! untuk itu pemerintah di harapkan mengatasi permasalahan tingkat pendidikan untuk warga yang kurang mampu, contoh dari sebuah keluarga yang kurang mampu misalnya, mereka mempunyai beberapa orang anak yang seharusnya masih melanjutkan tingkat pendidikan di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, tapi apa daya karena tidak memiliki cukup banyak uang untuk menyekolahkan anak mereka tersebut, akhirnya anak mereka terpaksa putus sekolah. Ini tidak sesuai dengan keinginan para pendiri Bangsa Indonesia terdahulu.


Kepadatan penduduk ini juga menyebabkan berkurangnya ketersediaan lahan, kerusakan lingkungan, kekurangan kebutuhan air bersih.

Dampak lingkungan yang terjadi akibat masalah ledakan penduduk adalah polusi. Tingkat polusi bergerak naik seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk di suatu area permukiman. Polusi ditimbulkan dari asap hasil pembuangan kendaraan bermotor yang jumlahnya saat ini semakin meningkat tajam. Hal ini terlihat semakin tingginya frekuensi kemacetan yang terjadi dijalan-jalan yang membuat jalan di kota tidak lancar lagi di lalui.
Melihat berbagai masalah tersebut, maka apabila solusi yang ditawarkan dapat dijalanjak dengan baik, maka tidak akan mungkin Negara ini tidak sejahtera.

PENULIS: MOH. ILMI ALHAKIM (SISWA SMA NEGERI 3 SLAWI)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar