RSS

Pendidikan Kependudukan

Pendidikan Kependudukan

Pendidikan Kependudukan merupakan gabungan kata dengan latar belakang yang berbeda, pendidikan yang berarti penambahan kualitas ilmu, sedangkan kependudukan adalah status dalam suatu Negara. Namun, Pendidikan kependudukan mempunyai tujuan utama dalam upaya perubahan sikap serta perilaku, reproduksi dan penyebaran penduduk secara rasional dan bertanggung jawab.
Adapun tujuan lain yaitu : agar masyarakat/anak didik dapat mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan pertumbuhan penduduk secara cepat serta segala akibatnya maupun dapat menghubungkan antara pertumbuhan penduduk tersebut dengan program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam usaha mencapai kesejahteraan masyarakat. Maka diharapkan mereka dapat menyesuaikan hal itu dalam kehidupan keluarga masyarakat bangsa dan manusia pada umumnya.

Berdasarkan batasan diatas, dapat disusun tujuan Pendidikan Kependudukan yang lebih terperinci sebagai berikut :

  1. Mengembangkan pengetahuan tentang konsep kependudukan.
  2. Mengembangkan kesadaran terhadap adanya masalah kependudukan.
  3. Menumbuhkan kesadaran akan perlunya mengatasi masalah kependudukan.
  4. Mengembangkan pengetahuan tentang adanya hubungan timbal balik antara penduduk.
  5. Mengembangkan keterampilan untuk membina keluarga.
  6. Mengembangkan partisipasi aktif dalam usaha meningkatkan kualitas penduduk.


Dari tujuan-tujuan tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan akhir dari Pendidikan Kependudukan adalah membentuk warga negara yang berwawasan kependudukan dan lingkungan hidup, yaitu warga negara yang dalam segala perilakunya berpandangan ke depan terhadap masalah kependudukan dan lingkungan hidup, menuju masyarakat yang serasi, dan seimbang dalam hubungannya dengan sosial kehidupan.

Adapun tujuan secara umum terselenggaranya Pendidikan Kependudukan adalah untuk menanggulangi berbagai macam masalah sosial maupun masalah yang berhubungan dengan kependudukan, seperti yang telah dijelaskan dalam posting sebelumnya, yakni Masalah Kependudukan, telah dijelaskan antara lain masalah kependudukan adalah sebagai berikut:

Dari berbagai macam opini penulis tentang masalah kependudukan diatas, maka jelaslah, bahwa Pendidikan Kependudukan merupakan langkah untuk mencegah timbulnya masalah kependudukan yang semakin kronis.
Oleh karena itu, beberapa pencegahannya adalah melakukan berbagai program, dan diantaranya program keluarga berencana dan pendidikan kependudukan. Diharapkan dengan adanya kedua usaha tersebut laju pertumbuhan penduduk dapat ditingkatkan.
Tujuan akhir dari Pendidikan Kependudukan adalah membentuk warga negara yang berwawasan kependudukan, yaitu warga negara yang dalam segala perilakunya berpandangan ke depan terhadap masalah kependudukan.
Adapun tujuan diadakannya pendidikan kependudukan yaitu, agar masyarakat/anak didik dapat mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan pertumbuhan penduduk secara cepat serta segala akibatnya maupun dapat menghubungkan antara pertumbuhan penduduk tersebut dengan program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam usaha mencapai kesejahteraan masyarakat.

Penulis : MOH. ILMI ALHAKIM (SISWA SMA NEGERI 3 SLAWI)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Abdul Rahmat mengatakan...

ALHAMDULILLAH TAMBAHAN REFERENSI BAGI KAMI UNTUK BELAJAR TENTANG KEPENDUDUKAN

Posting Komentar