RSS

Status Kependudukan

Status Kependudukan

Kata kependudukan sudah tidak asing lagi di telinga kita, kata ini sering muncul bersamaan dengan adanya suatu masalah. Ya, masalah kependudukan, sebelum melangkah lebih jauh masalah kependudukan, alangkah baiknya kita cermati dahulu makna kependudukan dalam kehidupan.
Kependudukan merupakan sebuah pokok dasar yang merupakan status dalam suatu Negara. Maksudnya, kependudukan merupakan kata yang mendapat awalan ke- dan akhiran -an, sedangkan kata dasarnya adalah penduduk. Penduduk merupakan unsur suatu Negara, apabila tidak ada penduduk, maka tidak akan ada Negara, oleh karena itu, kependudukan berarti unsur negara dan menjadi sebuah status didalam suatu Negara. Sedangkan dalam sisi lain kependudukan sebagai penilaian atas berhasil atau tidaknya suatu Negara.
Sebuah Negara akan mendapat predikat sebagai Negara yang berhasil apabila unsur pokok suatu negara yakni penduduk juga sejahtera, artinya tingkat keberhasilan suatu Negara dinilai melalui kesejahteraan penduduknya. Apabila dalam suatu Negara dihuni oleh penduduk yang sejahtera, maka Negara dianggap berhasil, begitu juga sebaliknya, apabila penduduk suatu Negeri tidak sejahtera, maka Negara yang diwakili pemerintahan dianggap gagal dalam menjalankan tugasnya.  Oleh sebab itu, maka harus ada tanggung jawab antara pemerintahan dengan penduduk, agar tercapai kesejahteraan.
Menanggapi hal ini, penulis sebagai siswa SMA sangat mengharapkan agar tercapainya kesejahteraan di Negara yang penulis cintai ini, yakni Negara Indonesia.
Untuk menjadikan Negara yang sejahtera, aspek kependudukan memegang peran yang sangat penting. Dalam bukti nyata, hampir mayoritas penduduk Indonesia tergolong kurang mampu, sebagai contoh dalam dunia pendidikan, betapa banyak siswa putus sekolah di berbagai jenjang, ini merupakan bukti konkret bahwa Negara ini masih memiliki masalah kependudukan yang serius, akibatnya Negara akan terhambat dalam proses kesejahteraan bagi penduduknya.
Masalah kependudukan yang lain adalah di bidang ekonomi, hukum, politik, dan sosial kehidupan.
Dalam bidang ekonomi misalnya, penilaian terhadap tingkat kesejahteraan di dominasi oleh faktor ekonomi, meliputi jenis usaha, pembangunan usaha, hingga penghasilan dari hasil usaha, sedangkan Negara kita masih banyak pengangguran, masih banyak berpenghasilan rendah, jumlah pendapatan per kapita tergolong rendah ini yang menyebabkan timbulnya berbagai masalah kependudukan yang lainnya.
Oleh karena itu, salah satu jalan keluar dalam usaha menangani masalah kependudukan adalah adanya kerjasama yang baik antara wakil Negara dengan unsur Negara, dalam hal ini adalah penduduk. Selain itu, adanya program atau rencana pemerintah juga selayaknya selalu mendapatkan tanggapan yang baik, semua proses ini adalah upaya untuk menyejahterakan penduduk yang akan berakibat sebagai jalan keluar untuk menangani masalah kependudukan.

PENULIS: MOH. ILMI ALHAKIM (SISWA SMA NEGERI 3 SLAWI)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar